Loading...

Saturday, September 5, 2015

Cara Perbaiki Play Store Crash


Halo semua, pada kesempatan kali ini, saya akan bagikan sebuah tips perbaiki Play Store Crash Saat app Play Store Crash memang membuat kita emosi, misalnya saat kita ingin mendownload aplikasi, tiba-tiba crash/error, maka untuk mengatasi hal itu, berikut Tips Perbaiki Play Store Crash, agar jika sewaktu-waktu terjadi, kita bisa mengatasinya sendiri danpa emosi. berikut langkah-langkahnya :


1. Uninstall Update Play Store Melakukan update pada Google Play Store adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Tapi terkadang, hal ini dapat menjadikan Play Store Crash/bermasalah. Melakukan uninstall update adalah jalan satu-satunya. Caranya yaitu masuk ke menu Settings - Apps - All - Google Play Store - Uninstall Updates .

2. Hapus Cache dan Data Play Store Dengan menghapus cache, kemungkikan besar masalah pada Google Play Store dapat teratasi. Karena cache adalah data yang tersimpan pada aplikasi dan biasanya tidak berguna. Maka dari itu, dengan membersihkan cache, adalah cara yang tepat mengatasi masalah di Play Store. Cara menghapus cache yaitu masuk ke menu Settings - Apps, setelah itu geser layar ke bagian All dan cari Google Play Store . Selanjutnya pilih dan tekan tombol Clear Cache dan Clear Data. Selain menghapus cache pada aplikasi Google Play Store, anda juga harus menghapus cache pada Google Play Services. Caranya hampir sama dengan yang diatas, yaitu masuk ke menu Settings - Apps - All - Google Play Services - Clear Cache. Dengan melakukan tahap ini, biasanya bisa mengatasi Google Play yang error dan bermasalah.

3. Mengaktifkan Download Manager. Mengaktifkan aplikasi download manager adalah salah satu cara yang bisa dilakukan jika mengalami masalah tidak bisa mengunduh aplikasi atau perasalahan lain di Google Play Store. Cara mengaktifkan nya cukup mudah, yaitu masuk ke menu Settings - Apps - All - Download Manager, setelah itu tekan Activate untuk mengaktifkan aplikasi Download Manager.

4. Menghapus Akun Google Dan Memasukkan Kembali. Jika ketiga cara diatas masih belum juga berhasil, maka cara selanjutnya dalam mengatasi Google Play Store yang bermasalah yaitu dengan menghapus akun google yang terhubung ke Play Store dan menghubungkannya kembali. Caranya masuk ke menu Settings - Accounts - Google - Remove Account. Dengan begini, anda sudah berhaisl menghapus akun Google yang terhubung. Selanjutnya harus melakukan reboot/restart smartphone android anda lalu masukkan/tambahkan kembali akun Google yang telah dihapus dengan masuk ke menu Settings - Accounts - Add Account - Google.

5. Periksa Ruang Memori Jika mengalami masalah tidak bisa mengunduh aplikasi, maka anda perlu memerisa terlebih dahulu ruang pada memori internal smartphone android. Pastikan ruang kosong nya mencukupi dan tidak kekurangan. Cara memeriksanya yaitu dengan masuk ke menu Settings - Memory - Free Space. Jika anda kekurangan ruang penyimpanan, maka anda harus menghapus (un-install) aplikasi yang tidak dibutuhkan atau tidak penting. Dengan melakukan cara ini, maka ruang penyimpanan menjadi longgar kembali dan cobalah masuk ke Google Play dan mulau mengunduh aplikasi.

6.Install Ulang Google Play Store Jika cara-cara diatas belum berhasil, maka anda perlu melakukan penginstalan ulang pada aplikasi Google Play Store. Anda bisa mencari aplikasi Google Play Store di situs-situs yang terpercaya.

7. Koneksi Internet Sebelum membuka Google Play, maka anda harus memeriksa terlebih dahulu koneksi internet pada ponsel, pastikan anda memiliki paket data atau kuota yang cukup dan jaringan yang kuat, karena untuk membuka Google Play itu membutuhkan koneksi Internet dan sinyal tinggi

8. Factory Data Reset Ini adalah cara satu-satunya yang bisa dilakukan hanya bila semua cara diatas tidak berhasil. Cara ini memiliki resiko, karena akan menghilangkan seluruh data dan aplikasi yang ada dan mengembalikan nya ke pengaturan awal, persis seperti saat anda membeli smartphone. Untuk mengantisipasi kehilangan data, anda harus mem-backup terlebih dahulu seluruh data pada ponsel android anda. Untuk melakukan factory rset, anda perlu masuk ke menu Settings - Backup and Reset - Factory Data Reset. Tunggu sampai proses selesai, dan smartphone anda kembali ke awal seperti saat pertama kali anda membelinya.


Itu saja yang bisa saya share tentang cara perbaiki play store crash. Mohon maaf apabila banyak kesalahan, silahkan tinggalkan komentar anda

13 comments:

  1. untung hp java ane gk ada aplikasi playstore-an. :D

    di tunggu kunbalnya.

    ReplyDelete
  2. hape ane symbian sob :D
    Jadi ga ada play store, hehehe

    ReplyDelete
  3. web/blog yang sangat bermutu,, lanjutkan berkreasi anak bangsa bikin bangga.

    ReplyDelete
  4. trima kasih banyak kawan, salam sukses n makasih dah berkunjung

    ReplyDelete
  5. izin baca sekalina kunbal.. :)

    ReplyDelete
  6. Java nyimak aja sob:)
    & blog agan mau ane follow ditunggu yaa follow backnya:D:D:mrgreen:

    ReplyDelete
  7. Ane bukan pengguna android gan.

    ReplyDelete
  8. di simak aja boleh gan :)

    makasih kunjungannya

    ReplyDelete
  9. lapor gan! kunbal sukses! tlong di follback ya.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"

M. SYAHRI

Penulis di Artikelklopedia, seorang pelajar yang tertarik dengan dunia IT. Bertempat tinggal di Jawa Tengah, Indonesia.
Kontak : LIHAT DISINI. Terima kasih atas kunjungan Anda dan selamat membaca. Semoga apa yang ada dapat bermanfaat. Lihat Selengkapnya...