Loading...

Friday, September 25, 2015

Manfaat Menakjubkan Berwudhu Bagi Kesehatan

 

Apa kabar semua, semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah S.W.T. Aamiin. Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan sebuah artikel pengetahuan tang sangat perlu untuk kita (Muslim)ketahui, yaitu Manfaat dari Wudhu. Tidak semua orang sudah mengetahui manfaatnya. Setiap hari, kita selalu melaksanakan wudhu, baik itu mau sholat, membaca Al- Qur'an atau lainnya. Setelah kita wudhu, paatinya kita merasa lebih segar dan hati terasa tentram. Perlu kita ketahui, Wudhu memiliki manfaat bagi kesehatan lho, apa saja manfaatnya, ini dia :

Wudhu, yang dilakukan setiap muslim sebelum menjalankan ibadah sholat baik sholat wajib maupun sunnah ternyata memiliki banyak manfaat. Karena wudhu itu hukumnya wajib maka tidak sah sholat seorang tanpa berwudhu. Wudhu menggunakan air suci yang mensucikan seperti air hujan, air sumur, air dari mata air dan masih banyak lagi. Wudhu yang dilakukan minimal 5 kali dalam sehari memiliki banyak manfaat, berikut adalah manfaat wudhu yang harus anda ketahui:

Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan

1.Menjaga kesehatan kulit. Selama melakukan aktifitas, banyak sekali debu maupun kuman menempel pada kulit. Ketika berwudhu debu maupun kuman dapat dihilangkan dengan air wudhu. Dengan begitu menjaga kulit tetap bersih dan sehat sehingga dapat terhindar dari penyakit kulit dan peradangan dikulit.

2.Mencegah kuman masuk melalui hidung. Ketika bernafas, banyak debu maupun kuman yang terperangkap dihidung. Ketika berwudhu dan membersihkan hidung dengan air wudhu dapat menghilangkan debu dan kuman masuk kedalam tubuh.

3.Memiliki wajah yang cerah. Banyaknya aktifitas membuat penat dan lelah, dengan berwudhu dan membasuh wajah membuat wajah menjadi segar karena saraf yang diwajah menjadi bugar. Dengan begitu wajah menjadi cerah dan memiliki keindahan dan kesejukan pada wajah. Itulah manfaat wudhu bagi wajah.

4.Menjaga kesehatan mulut. Berkumur-kumur ketika wudhu bermanfaat untuk menjaga mulut tetap segar dan membersihkan mulut dari kuman maupun sisa makanan yang menempel pada gigi. Dengan begitu berwudhu dapat menyebabkan mulut segar dan memiliki gigi yang sehat.

5.Memperlancar peredaran darah. Dengan berwudhu dapat memperlancar peredaran darah, karena air wudhu dapat mencegah penyempitan pembuluh darah dan mencegah kaku pada pembuluh darah. Ketika pembuluh darah lancar maka ketahanan tubuh terjaga dengan baik.


*Dikutip dari : nurudinsya.blogspot.com

Itulah 5 manfaat wudhu yang didapat ketika seseorang mengamalkannya dengan baik. Selain mendapatkan manfaat tersebut, juga akan mendapatkan pahala karena telah menjalankan perintah-Nya. Masih banyak lagi manfaat yang didapat dari segi yang lain, ini hanya manfaat wudhu dari segi kesehatan. Sekian, semoga bermanfaat, dan Mohon maaf apabila banyak kesalahan penulisan.

Wassalamu alaikum

14 comments:

  1. http://sederhana-saja.mywapblog.com/manfaat-menakjubkan-berwudhu-bagi-keseha.xhtml

    ReplyDelete
  2. sip sukses kunbalnya... ditunggu kunbal balik nya... :-D

    ReplyDelete
  3. ternyata sehat itu gak harus mahal ya sob.. kunjungan pertama nih..

    ReplyDelete
  4. bener gan
    Manfaat berwudlu emang banyak
    Tp kalo sobat cuman wudlu doang kaga sholat ye sama aja :D

    ReplyDelete
  5. bagus nih infonya..
    Ditunggu kunbalnya :)

    ReplyDelete
  6. Wah.. Artikel yang menarik nih,
    itulah kita di anjurkan untuk menyucikan dengan ber wudlu namun banyak di antara kita tidak menghiraukannya.. Astaghfirullah

    ReplyDelete
  7. Mantap gan,,, bermanfaat niih ditunggu kunbal nya

    ReplyDelete
  8. @alisafausa
    iya gan
    Alhamdulillah saya sholat
    hehe :)

    ReplyDelete
  9. makasih agan2, telah berkunjung

    ReplyDelete
  10. kirain berwudhu itu cuma untuk nenangin diri sama shalat, eh ternyata ada manfaat lain nya :-)
    sukses trus gan. info nya sngat bermanfaan bagi saya yng msih awam :-)

    ReplyDelete
  11. kirain berwudhu itu cuma untuk nenangin diri sama shalat, eh ternyata ada manfaat lain nya :-)
    sukses trus gan. info nya sngat bermanfaan bagi saya yng msih awam :-)

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"

M. SYAHRI

Penulis di Artikelklopedia, seorang pelajar yang tertarik dengan dunia IT. Bertempat tinggal di Jawa Tengah, Indonesia.
Kontak : LIHAT DISINI. Terima kasih atas kunjungan Anda dan selamat membaca. Semoga apa yang ada dapat bermanfaat. Lihat Selengkapnya...