Loading...

Wednesday, September 16, 2015

PERBEDAAN JENIS -JENIS TIPE TEKNOLOGI LAYAR SENTUH


Selamat datang semua, di blog sederhana ini, kali ini saya akan membagikan tentang tipe layar sentuh(touch screen). Teknologi touch screen telah melekat erat dengan dunia modern ini, terutama smartphone.

Banyak dari kita yang memakai smartphone, namun, mungkin tidak semuanya mengenal berbagai tipe touchscreennya, maka dari itu, simaklah dibawah ini :

1. Resistive Screen


Tipe Layar ini dilapisi oleh lapisan tipis berwarna metalik yang bersifat konduktif (menghantarkan sinyal listrik)dan resistif (mdnahan arus listrik). Kedua lapisan ini dipisahkan oleh sebuah bintik2 transparan, maka lapisan terpisah satu sama lain dalam keadaan normal. Pada lapisan konduktif tersebut juga mengalir arus listrik yang berfungsi sebagai arus referensi. Ketika terjadi sentuhan kedua lapisan ini akan dipaksa untuk saling berkontak langsung secara fisik. Karena adanya kontak antara lapisan konduktif dan resistif maka akan terjadi gangguan pada arus listrik referensi tersebut. Teknologi layar ini tidak akan terpengaruh oleh elemen2 luar seperti misalnya debu atau air, namun akan merespon semua sentuhan yang mengenainya, baik itu menggunakan jari langsung maupun menggunakan benda lain seperti stylus. Ciri2 dari layar ini adalah dengan disertakannya stylus didalam paket smartphone saat membeli.

2. Capacitive Screen


Selanjutnya adalah LayarKapasitif. Layar ini memiliki sebuah lapisan pembungkus yang merupakan inti dari cara kerjanya, yaitu pembungkus yang bersifat capasitive pada seluruh permukaannya . Panel layar sentuh ini dilengkapi dengan sebuah lapisan pembungkus berbahan indium tinoxide yang dapat meneruskan arus listrik untuk kemudian ditujukan ke sensornya. Lapisan ini dapat memanfaatkan sifat capacitive dari jari atau tubuh manusia, maka dari itu lapisan ini dipekerjakan sebagai sensor sentuhan dalam touchscreen jenis ini. Tampilannya memiliki kejernihan sampai sekitar 90 persen. Layar ini berfungsi hanya dengan sentuhan jari, tidak dapat menggunakan benda lain (stylus, sarung tangan dll.). Karena layar ini bekerja dengan cara memanfaatkan muatan listrik yang pada tubuh kita.

3. Surface Acoustic Wave System


Teknologi Layar sentuh ini memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk mendeteksi kejadian di permukaan layarnya. Di dalam monitor touchscreen ini terdapat pengirim dan penerima sinyal ultrasonik. Selain itu dilengkapi juga dengan sebuah reflektor yang berfungsi sebagai pencegah supaya gelombang ultrasonik tetap berada di area layar monitor. kedua tranduser ini dipasang dalam keempat sisi, 2 vertikal dan 2 horizontal. Teknologi layar ini ini tidak menggunakan bahan pelapis metalik, tapi menggunakan sebuah lapisan kaca, maka tampilan dari layar jenis ini mampu meneruskan cahaya hingga 90 persen, sehingga lebih jernih dan terang dibandingkan dengan Resesistive . Dengan tidak adanya lapisan sensor juga membuat layar jenis ini menjadi lebih kuat dan tahan lama karena tidak akan ada lapisan yang dapat rusak ketika di sentuh, ketika terkena air, minyak, debu, dan lain sebagainya. Hanya saja, kinerja layar ini dapat diganggu oleh elemen-elemen seperti debu, air, dan benda-benda padat lainnya. Walaupun hanya sedikit benda lain yang menempel di atasnya, maka dapat dideteksi sebagai suatu sentuhan.

4. Multi Touchscreen


Terakhir adalah Teknologi Multi touchscreen yaitu pengembangan dari teknologi layar sentuh yang sudah ada. Dari namanya, sudah terlihat bahwa keunggulan layar sentuh ini dapat disentuh oleh lebih dari satu jari. Layar multi touch ini mampu disentuh oleh puluhan jari dari orang yang berbeda2 secara bersamaan. Layar multi toych ini dapat digunakan untuk membesarkan, mengecilkan, mengubah posisi, dan memindahkan posisi objek pada layar monitor seperti foto atau lainnya. Layar multi sentuh ini juga biasa digunakan pada, komputer, MP3 player , dan lain sebagainya.

Itu saja yang dapat saya berikan mengenai judul di atas, terima kasih telah berkenan membaca. Update terus artikel lain di blog ini.

Jika berkenan, silahkan berkomentar dan klik iklan di navigasi.

8 comments:

  1. http://sederhana-saja.mywapblog.com/perbedaan-jenis-jenis-tipe-teknologi-lay.xhtml

    ReplyDelete
  2. Mp3 Dangdut Koplo Remix CampursariWednesday, September 16, 2015 at 9:27:00 PM GMT+7

    thanks buat infonya

    ReplyDelete
  3. oh.. jadi gitu.. klo hp yg jenis capacitive

    ReplyDelete
  4. oh.. jadi gitu.. klo hp.ku yg jenis capacitive

    ReplyDelete
  5. kunjungan malam gan,nice post

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"

M. SYAHRI

Penulis di Artikelklopedia, seorang pelajar yang tertarik dengan dunia IT. Bertempat tinggal di Jawa Tengah, Indonesia.
Kontak : LIHAT DISINI. Terima kasih atas kunjungan Anda dan selamat membaca. Semoga apa yang ada dapat bermanfaat. Lihat Selengkapnya...