Loading...

Saturday, February 6, 2016

Definisi Perbedaan Hacker dan Cracker

 

 Bissmillah...

Hai sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hacker dan cracker. Banyak orang mengatakan bahwa hacker sama dengan cracker. Dan mengartikan bahwa mereka selalu negatif dan jahat.
Padahal, ada juga hacker yang berjasa besar, misalnya menyelamatkan suatu sistem di Internet, ataupun lainnya yang bersifat positif.
Dibawah ini adalah devinisi dan perbedaan antara hacker dan cracker :

DEVINISI HACKER & CRACKER

Hacker adalah sebutan untuk orang atau sekelompok orang yang memberikan sumbangan bermanfaat untuk dunia jaringan dan sistem operasi, membuat program bantuan kepada dunia jaringan atau komputer.
Hacker juga bisa di kategorikan perkerjaan yang dilakukan untuk mencari kelemahan suatu sistem dan memberikan pendapat yang bisa memperbaiki kelemahan sistem yang di temukannya.
Cracker ialah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan sistem dan memasukinya untuk kepentingan pribadi bertujuan untuk mencari keuntungan dari sistem, contohnya: pencurian atau peghapusan data pada sistem dan lain sebagainya.
Singkatnya, cracker yaitu seseorang yang berusaha untuk menembus atau menerobos sistem keamanan komputer orang lain untuk mencari keuntungan atau melakukan tindak kejahatan.

PERBEDAAN HACKER & CRACKER

Hacker:

1. Mampu menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs internet
Salah satu contohnya : Bila seorang hacker mencoba menguji sebuah situs dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian tersebut untuk diperbaiki menjadi sempurna. Bahkan seorang hacker akan memberikan masukan dan saran yang bisa memperbaiki kelemahan sistem yang ia masuki.
2. Hacker mempunyai etika serta kreatif
Hacker umumnya kreatif dalam merancang suatu program atau sistem yang berguna bagi siapapun.
3. Hacker tidak segan berbagi pengetahuannya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.
4. Hacker akan selalu memperdalam ilmunya dan memperbanyak suatu pemahaman tentang sistem operasi.

Cracker :

1. Mampu untuk membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan.
Contoh : Virus, Pembobolan Rekening Bank, Pencurian Password E-mail/Web Server.
2. Bisa berdiri sendiri ataupun secara berkelompok dalam bertindak.
3. Mempunyai website atau channel dalam IRC yang tersembunyi, hanya orang-orang tertentu yang bisa mengakses situsnya.
4. Mempunyai IP address yang tidak dapat dilacak oleh mesin internet.

Ada beberapa jenis kegiatan hacking, diantaranya adalah: Social Hacking, yang perlu diketahui : informasi tentang sistem yang dipergunakan oleh server, siapa pemilik server, siapa pengelola server, jenis koneksi yang dipergunakan, bagaimana server itu tersambung ke internet, mempergunakan koneksi siapa serta informasi apa saja yang disediakan oleh server tersebut, apakah server tersebut juga tersambung dengan LAN di sebuah organisasi dan informasi lainnya.

Technical Hacking , termasuk tindakan teknis untuk melakukan penyusupan ke dalam sistem, baik dengan alat bantu (tool) atau dengan mempergunakan fasilitas sistem itu sendiri yang dipergunakan untuk menyerang kelemahan yang terdapat dalam sistem.
Inti dari kegiatan ini adalah mendapatkan akses penuh kedalam sistem dengan cara apapun dan bagaimana pun. Jadi, kesimpulannya bahwa Hacker yang ‘baik’ adalah orang yang mengetahui apa yang dilakukannya, menyadari seluruh akibat dari apa yang dilakukannya, dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.
Sementara hacker yang ‘jahat’ atau biasa disebut cracker adalah orang yang tahu apa yang dikerjakannya, tetapi seringkali tidak menyadari akibat dari perbuatannya. Dan ia tidak mau bertanggung jawab atas apa yang telah diketahui dan dilakukannya itu.

Inilah yang membedakannya dengan hacker. Prinsip kerja hacker dan cracker sebenarnya sama. Yang membedakan keduanya adalah tujuannya


Itulah devinisi mengenai hacker dan cracker, semoga bermanfaat, Terima kasih telah berkunjung dan mohon maaf jika banyak kesalahan. Silahkan berikan komentar Anda.

Kunjungi Juga Blog Edu Pedia di
http://sederhana-saja.mywapblog.com

Wassalam...

 

5 comments:

  1. Mantap dah artikel nya (y) Lain kali akan saya kunjungi balik :)

    Bagi kalian yang mencari template seo friendly dan responsive terbaru bisa kalian cek di
    http://www.kang-rony.com/2016/10/template-blogger-seo-friendly-responsive-terbaik.html

    ReplyDelete
  2. ntappsss info nya :v
    http://randomblogger07.blogspot.com/
    http://pcwebsitesecurity.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. btw, tanpa referensi artikelnya,
    kalo menurut ane hacker itu bisa baik bisa jahat, ada istilah whitelist dan blacklist sedangkan cracker murni jahat semua ...

    ReplyDelete
  4. thanks gan atas penjelasannya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. makasih gan..jadi tau nih perbedaan hacker sama cracker...soalnya yang saya tau sama sama ngehack
    Heheheh :D

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"

M. SYAHRI

Penulis di Artikelklopedia, seorang pelajar yang tertarik dengan dunia IT. Bertempat tinggal di Jawa Tengah, Indonesia.
Kontak : LIHAT DISINI. Terima kasih atas kunjungan Anda dan selamat membaca. Semoga apa yang ada dapat bermanfaat. Lihat Selengkapnya...