Loading...

Sunday, December 11, 2016

Tips Merawat Laptop yang Benar

Merawat Laptop
Sumber Gambar dari Wikihow

Merawat Laptop memang terkadang dianggap sebagai hal yang sepele, dan kebanyakan orang menganggap sangat mudah. Namun perawatan yang salah justru akan berakibat buruk bagi laptop.
Kita sebagai pengguna jangan hanya menggunakannya saja tanpa merawat laptopnya dengan baik. Karena jika laptop mengalami hal yang tak diharapkan, Kita lah yang repot, misalnya saat sedang dibutuhkan tiba-tiba rusak.
Artikelklopedia kali ini akan membagikan sedikit tips tentang tips penting Merawat Laptop yang benar.
Berikut tips-tipsnya :
  • Rajinlah Membersihkan Laptop

Menjaga kebersihan laptop dapat terbagi menjadi 2 bagian, yaitu membersihkan bagian luar dan bagian dalam laptop.
  1. Yang pertama yaitu bagian luar laptop, yaitu bagian yang tampak dari luar, misalnya keyboard, monitor dan casing laptop. Bagian ini mudah untuk dibersihkan. Bersihkanlah layar monitor dari debu dan kotoran lainnya (biasanya ada cairan khusus untuk membersihkan layar monitor. Jangan lupa juga membersihkan keyboard dari debu, bisa dengan kuas halus atau lainnya.
  2. Yang kedua bagian dalam laptop, bagian ini bisa dibersihkan beberapa bulan sekali jika dibutuhkan, misalnya saat kipas laptop mulai berisik, bongkarlah laptop dan bersihkan debu-debu yang menempel didalam laptop
  • Jangan Meletakkan Benda diatas Laptop

Hindari meletakkan benda diatas laptop walaupun laptop tertutup, apalagi benda yang cukup berat. Karena hal ini dapat merusak LCD laptop yang tertindih benda berat, LCD adalah komponen laptop yang harganya lumayan tinggi.
  • Jangan menggunakan laptop diatas benda lembut

Hal ini yang paling umum dilakukan oleh banyak orang. Namun hal ini dapat membahayakan laptop. Karena jika mengoperasikan laptop diatas benda lembut, udara panas dari laptop akan terserap dan tidak dapat keluar dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan overheat.
  • Jangan Menggunakan laptop saat Badai

Saat bada petir, hindarilah menggunakan laptop untuk menghindari hal yang tak diinginkan. Karena laptop adalah benda magnetik dan mengandung aliran listrik, jadi dapat memicu adanya sambaran petir.
  • Jangan Menggunakan Laptop dibawah Sinar Matahari

Sebaiknya, hindarilah menggunakan laptop dibawah cahaya matahari,hal ini dapat menurunkan keoptimalan LCD laptop.
  • Hindari Selalu Charge Baterai

Janganlah terlalu sering menghubungkan laptop dengan charger terus menerus saat digunakan. Biasanya hal semacam ini dilakukan karena takut kehabisan baterai saat mengerjakan tugas penting. Namun hal ini tidak bagus untuk kesehatan baterai laptop.
  • Jangan Mneggunakan Laptop saat Di Charge

Usahakan Jangan terlalu sering menggunakan laptop saat dalam kondisi charge. Hal ini juga membahayakan kesehatan baterai laptop dan dapat menyebabkan baterai menjadi bocor atau mengembung.Biarkan baterai laptop penuh dulu baru digunakan lagi, itu leih bagus
  • Menjauhkan Benda Magnetik dan Benda Cair

Karena laptop adalah benda elektronik, hindarkan laptop dari benda-benda magnetik untuk menghindari hal tak diinginkan. Jauhkan juga dari benda cair, misalnya Anda meletakkan gelas berisi air didekat laptop, bisa saja tak sengaja air itu tumpah ke laptop dan alhasil dapat merusak laptop.
  • Gunakan Alas Laptop yang Datar dan Tidak Lembut

Jika menggunakan alas,gunakan benda yang datar dan tidak lembut sebagai alas. Dengan tujuan agar tidak mengganggu kinerja didalam laptop dan tidak menghambat sirkulasi udara yang menyebabkan panas berlebih
  • Hindari Benturan

Sebisa mungkin hindarkanlah laptop dari benturan yang dapat merusak komponen dalam laptop. Lebih baik gunakan juga tas berpelindung saat membawa laptop untuk mengantisipasi benturan yang terjadi.

Itu saja sedikit Tips Merawat Laptop yang Benar yang bisa Kita terapkan. Jika ada tambahan, silahkan tambahkan di kolom komentar dibawah. Semoga Bermanfaat

Jangan lupa like halaman Blog ini di Facebook dengan KLIK DISINI atau melalui navigasi blog

Lokasi: Jawa Tengah, Indonesia

23 comments:

  1. ternyata selama ini sy salah dalam menggunakan laptop -_- asal pake aja
    thxs tipsnya gan

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata masih salah saya dalam menggunakan laptop.
    Makasih lo gan infonya.
    Bermanfaat banget

    ReplyDelete
  3. gue sering nih gan laptopnya tak pakai saat di charger

    ReplyDelete
  4. Informasi yang menarik .
    Saran gan ,, Efek samping boleh tuh

    ReplyDelete
  5. Saya kadang pakai kalo lagi dicharge. Emang lagi butuh soalnya.

    Tapi kalo bersihin daleman laptop. Hmmm, ini belum pernah saya. Soalnya nggak ada kipas, baterai tanem, mau dibuka masih segel. wkwkwk

    Btw, bermanfaat nih supaya laptop awet.

    #ydkrisdiantoro

    ReplyDelete
  6. terkadang kebanyakan orang hanya bisa memakai laptop saja tidak tahu bagaimana cara merawatnya. info yang sangat menarik dan bermanfaat

    ReplyDelete
  7. saya dulu pernah mengalami keyboard saya rusak, saya pejet pejet tidak berjalan.
    setelah saya teliti ternyata ada kotoran dibawahnya dan itu benar sekali gan dengan artikel yang agan buat

    ReplyDelete
  8. Wah masih banyak hal yang lalai saya lakukan dalam merawat leptop, untung baca artikel ini jadi tau dan paham merawat laptop dengan baik,,makasih ya gan

    ReplyDelete
  9. waduh ., aku malah sering pakai laptop dalam keadaan tercharge dan diatas kasur.,., wkwkwkwk

    ReplyDelete
  10. Ngecharge laptop sambil digunakan memang sangat kurang bagus terutama untuk ketahanan baterai. Kalau saran saya pake ups dan cabut batrai kalau memang dirasa itu lagi penting banget. Jadi walau arus listriknya mati laptop tetap nyala karena ada ups...untuk penggunaan baterai seperlunya saja ,semisal lagi di kampus atau di cafe ...

    ReplyDelete
  11. saya ini tipe orang yang sembarangan mas. naro laptop diatas apa aja, naro apa aja diatas laptop. alhasil, laptop saya jadi rusak. menurut saya, tips di atas bisa di praktekin buat temen temen yang punya laptop, biar laptop nya bisa tahan lama, ga bernasib sama dengan laptop saya.

    ReplyDelete
  12. Memang kalau laptop harus dirawat kalau pengen tetap awet, tapi berat juga kadnag2 karena kekurangan alat pembersih yg pas

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"

M. SYAHRI

Penulis di Artikelklopedia, seorang pelajar yang tertarik dengan dunia IT. Bertempat tinggal di Jawa Tengah, Indonesia.
Kontak : LIHAT DISINI. Terima kasih atas kunjungan Anda dan selamat membaca. Semoga apa yang ada dapat bermanfaat. Lihat Selengkapnya...