Loading...

Thursday, April 6, 2017

Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality

Perbedaan AR dan VR

Pesatnya perkembangan teknologi membawa berbagai hal baru, salah satunya adalah teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality. Saat ini, Mungkin kita sudah sering mendengar istilah Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), atau bahkan mungkin sering menggunakannya, sehingga kata VR dan AR sudah tidak asing ditelinga Kita.  VR dan AR yang merupakan bagian dari perkembangan teknologi yang pesat tersebut belakangan ini menjadi trend.

Banyak game dan aplikasi yang menggunakan teknologi tersebut untuk memberikan pengalaman fantastis kepada penggunanya.
Namun, mungkin banyak juga yang belum mengerti tentang pengertian serta perbedaan antara Virtual Reality dan Augmented Reality, dan menganggap bahwa teknologi VR dan AR itu sama, padahal nyatanya berbeda. Berikut penjelasan singkat antara VR dan AR .
  • Virtual Reality (Realitas Virtual)
 Adalah teknologi yang menggantikan lingkungan nyata dengan lingkungan semu dan membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer serta seolah - olah terlibat secara fisik  dalam suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru, ataupun suatu lingkungan yang hanya ada didalam imajinasi saja. Untuk dapat menggunakan teknologi VR ini, Kita membutuhkan perangkat khusus yang dapat mensimulasikan dunia semu ke dunia nyata.
  • Augmented Reality (Realitas Tertambah)
 Adalah teknologi yang memadukan antara benda-benda nyata dengan benda maya yang memiliki dimensi 3 ataupun 2  dan memproyeksikannya dalam waktu nyata agar dapat terintegrasi secara interaktif didalam dunia nyata. Untuk dapat menggunakan AR, Kita tidak memerlukan suatu perangkat khusus. Kita bisa menggunakannya dengan kamera smartphone yang didukung sensor magnetik dan gyroscope. Sudah banyak aplikasi yang dikembangkan dengan teknologi ini dengan berbagai fitur unik yang ditawarkan untuk penggunanya.

Perbedaan VR dan AR

  • Virtual Reality
Sesuai dengan namanya (Virtual), Virtual Reality dapat dikatakan sebagai teknologi yang menggantikan lingkungan dunia nyata dengan dunia digital secara keseluruhan, dan membuat penggunanya merasakan dunia digital (semu) yang sebenarnya adalah gambar dinamis hasil dari simulasi komputer yang seolah-olah seperti dunia nyata.
  • Augmented Reality
Berbeda dengan VR yang menggantikan lingkungan nyata dengan digital, Augmented Reality dapat dikatakan dengan teknologi yang menggabungkan antara dunia semu dan nyata,  dengan kata lain yaitu memadukan dunia digital dan dunia nyata untuk menambahkan konten virtual ke dunia nyata, sehingga pengguna seolah bisa berinteraksi dengan konten virtual yang tampak nyata.
Teknologi VR dan AR dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal dan keperluan tertentu, contohnya yaitu hiburan (misalnya dalam game dan aplikasi yang mengguunakan AR), untuk edukasi, untuk keperluan pekerjaan dan lain sebagainya.
Mari kunjungi ini juga : ANTAPEDIA

Quotes
 " Maybe, sometimes people think that the imaginary world is more fantastic, but remember..., the world's most beautiful and most everything is the real world"
-ARTIKELKLOPEDIA-
Sudah tahu kan, apa perbedaan dari teknologi VR dan AR, jangan lupa share juga ke teman agar mereka juga tahu lewat tombol share di sebelah kiri. Silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah ini. Dan like juga halaman FB Blog Edukasi untuk info update terbaru. Untuk request artikel teknologi, bisa ke halaman Contact.

Anda sedang membaca Artikel :
Judul : Perbedaan Virtual Reality dan Augmented Reality
Label : Teknologi, Edukasi

Lokasi: Jawa Tengah, Indonesia

17 comments:

  1. Keren kayaknya ya sob. Jadi dunia nyata ini bisa seperti dunia fantasi atau dunia game. Soal harga pasti mahal banget ya.

    ReplyDelete
  2. Wow keren deh, jadi tau nie perbedaannya. Thanks infony gan

    ReplyDelete
  3. Menambah wawasan mengenai VR dan AR. Setau saya VR dan aR adanya di game.

    ReplyDelete
  4. Honestly, masih bingung perbedaan antara VR dan AR. Contoh game AR seperti Pokemon Go gitu kali ya?

    ReplyDelete
  5. sekarang banyak game android yang sudah support virtual reality, namun jika ketagihan dengan game yg support VR ini bisa berdampak buruk pada kesehatan mata,, dikarenakan radiasi dari hp berdekatan dengan mata meskipun sudah ada pengaman pada virtual reality box. selain itu juga agak ribet klo main karena harus pakai alat tambahan.. sedangkan untuk yang augment reality memiliki kelemahan berupa borosnya baterai ..karena untuk melihat efek realnya harus menyalakan camera

    ReplyDelete
  6. dengan aplikasi virtual reality dan augmented reality dapat memberikan pengalaman virtua kepada penggunanya layaknya kita masuk pada alam tersebut secara nyata. ini akan sangat bermanfaat bagi kita yang sedang mendalami suatu keilmuan tententu, mislnya kedokteran dan dapat melakukan simulasi operasi dengan memanfaatkan alat tersebut

    ReplyDelete
  7. Kalau contoh dari virtual reality dan augment reality apa tuh gan? ?

    ReplyDelete
  8. Kalau contoh dari virtual reality dan augment reality apa tuh gan? ?

    ReplyDelete
  9. Kalau seperti itu game seperti pokemon go termasuk AR (Augmented Reality) ya? karena sesuai banget dengan penjelasan mas yang diatas tadi yaitu memadukan dunia realitas degnan dunia yang virtual

    ReplyDelete
  10. Virtual Reality dan Augmented Reality... Bahasannya berat juga ya. Hahaha. Pernah mainan virtual reality meski cuma modal hape dan buka Youtube, emang keren sih.

    ReplyDelete
  11. dapat ilmu baru ni, baru tau kalau keduanya da perbedaan yang cukup mencolok. memang perkembangan teknologi saat ini membuat kita kaya akan informasi dan pengetahuan baru

    ReplyDelete
  12. Saya sendiri adalah penggunak teknologi VR..tahun lalu sy beli octagon VR "buatan lokal"... yaa jujur ekspektasi tak sebagus dgn realita... main lama bisa pusing dan aplikasi VRjuga nggk masih minim.. jadi sudah berbulan bulan VR sy nggk kepake

    ReplyDelete
  13. Keren gan.. gan contoh aplikasi yang menggunakan konsep AR ap ya....??

    ReplyDelete
  14. Semakin lama. Semakin canggih aja teknologi. Sepertinya aayik kalau main game pake vr

    ReplyDelete
  15. Wah saya kira vr dan ar itu sama sama buat maen game.

    Klo vr yang bagus seperti apa?

    ReplyDelete
  16. Wah saya kira vr dan ar itu sama sama buat maen game.

    Klo vr yang bagus seperti apa?

    ReplyDelete
  17. Oh jadi selama ini saya salah kaprah . Kira vr sama ar itu sama. Ternyata beda toh. Tapi apakah bisa ar sama vr di gabungkan seperti di film Sao itu ?

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"

M. SYAHRI

Penulis di Artikelklopedia, seorang pelajar yang tertarik dengan dunia IT. Bertempat tinggal di Jawa Tengah, Indonesia.
Kontak : LIHAT DISINI. Terima kasih atas kunjungan Anda dan selamat membaca. Semoga apa yang ada dapat bermanfaat. Lihat Selengkapnya...