Loading...

Thursday, September 14, 2017

Cara Mengubah Tampilan Bash Ubuntu di Windows 10

Ubah Display Bash Ubuntu

Dimulai dari Windows 10 AU (Anniversarry Update), Microsoft telah membubuhkan fitur baru untuk para penggunanya. Fitur tersebut adalah WSL (Windows Subsystem for Linux) yang bisa diaktifkan di komputer berbasis 64 bit. Fitur tersebut memungkinkan para pengguna Windows 10 untuk menjalankan terminal didalam Windows tanpa harus melalui mesin virtual. Tentunya, hal ini sangat bermanfaat untuk para pengguna yang terbiasa memakai terminal dalam kesehariannya.

Dalam artikel ini tidak akan menjelaskan bagaimana langkah - langkah untuk mengaktifkannya, karena sudah terlalu banyak yang membagikan tutorial mengaktifkannya di internet.  Jadi, artikel ini hanya akan menjelaskan bagaimana langkah mengubah tampilan bash.

Jika bash Ubuntu on Windows ini telah diaktifkan, kita akan melihat tampilan default bash sama dengan tampilan command prompt. Namun, kita bisa mengkustomisasi tampilan bash tersebut sesuai keinginan. Berikut cara mudah mengkustomisasikannya.
  1. Carilah tampilan bash di internet, misalnya dengan kata kunci "kumpulan .bashrc Ubuntu keren" dan pilihlah tampilan yang diinginkan.
  2. Setelah menemukan tampilan bash yang ingin diterapkan dan sudah mendapatkan teks kode untuk file bashrc, salin kodenya.
  3. Selanjutnya buka bash on ubuntu on windows dan ketikan ll dan enter, maka akan muncul beberapa file dan folder. .Disitu ada file bernama .bashrc
    Ubah Tampilan Bash Ubuntu
  4. Kemudian ketikkan nano .bashrc dan tekan enter, hapus semua teks didalamnya dan paste teks yang tadi di salin, bisa dengan klik kanan.
    Change Bash Ubuntu On Windows
  5. Setelah selesai, keluar dari nano editor (CTRL+X klik Y daan tekan enter), maka akan kembali ke tampilan utama bash dan tampilannya belum berubah.
    ubah tampilan wsl Ubuntu
  6. Keluar dari bash atau ketik exit dan tekan enter , dan buka kembali. Jika berhasil, maka tampilan bash akan berubah sebagaimana mestinya.
CATATAN : Jangan mengubah folder dan file apapun yang ada di direktori wsl (C:\Users\username\AppData\Local\lxss) dengan fitur windows, hal ini dapat membuat bash corrupt dan harus diinstal kembali. Selalu gunakan terminal untuk mengeksekusi dan mengubah file tersebut

Tampilan bash ini hanya berlaku per username, jadi, jika ganti ke username lain yang belum diubah tampilannya, maka tapilannya masih default. Lakukan hal yang sama seperti diatas jika ingin mengubah pada username lainnya. Jangan lupa bagikan artikel ini ke yang lain dengan klik tombol share.
Like halaman blog edukasi dengan klik disini atau melalui sidebar untuk mendapat info update artikel lainnya atau request artikel. Dapatkan update artikel terbaru dengan berlangganan melalui email, gratis.

Anda Membaca Artikel :
Judul : Cara Mengubah Tampian Bash Ubuntu di WIndows 10
Label : Tutorial

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"

M. SYAHRI

Penulis di Artikelklopedia, seorang pelajar yang tertarik dengan dunia IT. Bertempat tinggal di Jawa Tengah, Indonesia.
Kontak : LIHAT DISINI. Terima kasih atas kunjungan Anda dan selamat membaca. Semoga apa yang ada dapat bermanfaat. Lihat Selengkapnya...