Wednesday, December 20, 2017

4 Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet Bertahun-Tahun

Tips Merawat Baterai Smartphone

Tips Merawat Baterai Smartphone
 
Dalam memainkan android sering kali kita mengalami baterai yang Soak karena batas pemakaian yang terlalu berlebihan, maka dari itu cara untuk merawat baterai smartphone agar tidak cepat rusak ialah dengan melakukan beberapa cara yang saya bagikan di bawah ini.

1. Jangan Over Charge

Cara pertama yang harus kita lakukan untuk cara merawat  baterai smartphone ialah jangan mengecasnya sampai over power.
Dalam mengecas smartphone sering kali kita meninggalkannya sambil menunggu penuh , hal inilah faktor paling umum yang membuat baterai smartphone yang kalian miliki cepat rusak dan akibatnya semakin hari semakin boros.

2. Jangan Meletakkannya ditempat yang Panas

Cara kedua yang dapat kita lakukan untuk merawat baterai smartphone yang kita miliki ialah jangan pernah meletakkanya di tempat yang panas.
Secara tidak sadar saat kita meletakkan smartphone tersebut di tempat yang panas layar smartphone yang kita miliki akan semakin redup dan pastinya membuat android menjadi overhead yang akibatnya baterai android yang kalian miliki semakin cepat Soak.

3. Jangan Cas Sambil Main Game

Dalam mengecas smartphone sering kali kita sambil menggunakannya baik untuk online di sosial media ataupun bermain game ( tapi yang paling sering saya temui ialah bermain game ).
Dan itu sudah menjadi kebiasaan banyak orang , hal inilah yang membuat umur baterai smartphone yang kita miliki semakin pendek.

Saat kita memainkan game sambil mengecas baterai akan kebingungan dalam mengatur arus yang keluar ataupun arus yang masuk akibatnya akan ada sel baterai yang rusak dan tidak bisa terisi lagi.
Jadi untuk kalian yang masih sering mengecas hp sambil bermain game hilangkanlah kebiasaan tersebut agar baterai android yang kalian miliki tetap awet.

4. Jangan Memainkan HP sampai Ngedrop

Langkah terakhir yang harus kita lakukan dalam tata cara merawat baterai smartphone ialah jangan memainkan hp sampai Ngedrop.
Hal ini juga sangat sering dilakukan oleh banyak orang baik sengaja ataupun tidak sengaja, saat kita membiarkan baterai dalam keadaan drop, maka akan terjadi beberapa sel baterai yang rusak dan tidak bisa diisi lagi .

Jumlah daya minimal wajar yang harus kalian ketahui apakah baterai android Banda sudah layak untuk dicas ialah antara 20-30 % dan batas maksimal ataupun batas mencabut ialah antara 80-99%.

Nah setelah kalian mengetahui beberapa tips diatas , kalian diharapkan tidak melakukan kesalah-kesalahan kecil yang dapat membuat baterai smartphone kalian Soak dan untuk menambah wawasan kita akan mengenal lebih dalam tentang apa jenis baterai yang smartphone kita gunakan itu.

Jenis-jenis Baterai Smartphone :


Jenis-jenis Baterai Smartphone

1. Lithium-ion

Siapa yang tak kenal dengan baterai jenis ini ? Jenis baterai ini dulunya sangat sering digunakan pada saat zaman layar hp yang kita miliki masih berwarna monokrom.

Karena semakin berkembangnya teknologi sekarang jenis baterai ini sudah semakin di tinggalkan karena daya tahannya yang semakin hari semakin lemah, walaupun sebenarnya masih banyak sekali produsen smartphone ataupun laptop yang masih menggunakan baterai jenis ini.

2. Lithium Polymer

Lithium Polymer ialah jenis baterai yang memiliki kualitas 40% lebih baik di banding dengan lithium-ion , maka wajar saja jika handphone handphone kelas mid-end yang menggunakan jenis baterai ini.

3. Nickel Cadmium

Baterai jenis ini ialah baterai yang sering kali kita temukan di toko-toko dengan merek ABC,Alkaline, Eveready , panasonic dll , dan bentuknya sendiri berupa silinder.
Dan yang perlu di ingat baterai jenis ini sangat tidak cocok untuk digunakan di smartphone karena memiliki daya ledak yang tinggi dan beracun. Jadi wajar saja tidak ada produsen yang menggunakan baterai ABC untuk smartphonenya.

4. Nickel Metal Hydride

Baterai jenis ini bentuknya sangat mirip dengan Nickel Cadmium namun memiliki beberapa kelebihan yaitu memiliki daya yang lebih kuat dan lebih ramah lingkungan .
Walaupun demikian baterai ini sangat cepat rusak setelah mengalami beberapa kali proses pengecasan.

5. Lithium Oxygen

Ini adalah baterai yang masih dalam masa pengembangan , kabarnya baterai jenis ini memiliki kemampuan yang sangat super , selain dapat dicas hingga penuh dalam hitungan detik dia juga memiliki kemampuan diatas ketiga baterai diatas.
Namun sayang seribu sayang baterai ini masih dalam proses pengembangan jadi belum ada smartphone yang berani menggunakan baterai jenis ini.

PENUTUP

Nah jadi itulah beberapa jenis baterai smartphone dan beberapa cara yang saya lakukan untuk merawat smartphone kesayangan saya, semoga artikel yang saya tulis ini dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian yang ingin merawat smartphone. Mohon maaf jika terjadi banyak kesalahan dalam penulisan kata ataupun huruf yang saya tulis di artikel ini.


Anda membaca artikel :
Judul : 4 Tips Merawat Baterai Smartphone Agar Tetap Awet Bertahun-Tahun
Label : Tips

Baca Juga :

2 comments:

  1. Cukup bagus dan bermanfaat untuk pembaca, terima kasih.

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/ms-glow-ultimate/

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"

M. SYAHRI

Penulis di Artikelklopedia, seorang pelajar yang tertarik dengan dunia IT. Bertempat tinggal di Jawa Tengah, Indonesia.
Kontak : LIHAT DISINI. Terima kasih atas kunjungan Anda dan selamat membaca. Semoga apa yang ada dapat bermanfaat. Lihat Selengkapnya...