Thursday, April 12, 2018

Pentingnya Menjadi Netizen yang Baik



Pentingnya menjadi netizen baik
Seiring perkembangan teknologi Internet, semakin muncul pula berbagai tipe netizen (Internet Citizen / pengguna internet) yang berkecimpung di dunia online. Seperti yang kita tahu, saat ini banyak sekali pengguna internet dari berbagai kalangan, mulai dari yang muda hingga yang dewasa aktif di berbagai media sosial. Bahkan tak sedikit pengguna internet yang seharusnya belum saatnya untuk mengenal dunia internet.

Dunia internet selain memiliki berbagai manfaat dalam berbagai aspek, namun juga memiliki sisi berbahaya jika digunakan dengan tidak baik. Sebagai contoh, saat ini marak penyebaran berita - berita hoax yang tersebar di berbagai media sosial dan sambung - menyambung di antara para netizen. Dengan hal tersebut, menjadi netizen yang baik tentunya adalah hal sangat penting. Selain dapat mengurangi tingkat bahaya dari media sosial, menjadi netizen yang baik juga dapat menumbuhkan keharmonisan sesama netizen.

Terkait dengan pentingnya netizen yang baik, berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjadi seorang netizen yang baik.

  • Tetap Ber-etika
  • Tetaplah jaga etika saat berada di sosial media, terutama di dalam relasi sosial, misalnya di grup atau lainnya. Hindarilah perbuatan yang dapat menyinggung netizen lainnya.
  • Jangan Langsung Percaya Informasi
  • Salah satu hal yang sangat marak saat ini adalah banyaknya berita dan informasi palsu (hoax) yang tidak dipertanggung jawabkan kebenarannya. Sebagai netizen yang baik, seharusnya jangan langsung percaya informasi - informasi yang agak janggal, terlebih lagi bila yang menyebarkan informasi tersebut adalah sumber yang tidak terpercaya. Teliti dulu informasi yang diterima agar tidak menjadi korban hoax.
  • Jangan Spontan Menyebarkan Informasi
  • Banyak orang yang terkadang menyebarkan berita atau informasi di media sosial, entah itu di group atau melalui chat, mereka mengirimkan broadcast yang tak jarang isinya berisi informasi yang belum diketahui kebenarannya. Hal ini tentunya sangat mengganggu penerima broadcast tersebut. Dan jika ternyata adalah informasi palsu, tentunya menyebarkan informasi tersebut adalah hal yang sia-sia.
  • Tidak Berlebihan Memposting Hal Pribadi
  • Membagikan suatu hal yang kita lakukan kepada orang lain merupakan hal yang umum. Namun, jika berlebihan, justru hal tersebut bisa saja akan dirasa mengganggu netizen lain.
  • Tidak Memposting Pemicu Perpecahan
  • Gunakanlah media sosial untuk sarana positif, jangan digunakan untuk memposting hal yang dapat menimbulkan perpecahan dan mengotori media sosial, seperti posting yang mengandung unsur kebencian atau hal lainnya yang dapat menyinggung orang lain.
  • Tidak Mengumbar Privasi
  • Jangan mempublikasikan ha-hal yang bersifat privasi atau rahasia di media sosial. Karena hal tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh orang tak bertanggung jawab. Publikasikanlah apa yang sekiranya perlu dan bukan merupakan hal pribadi.
  • Bijaksana Menggunakan Sosial Media
  • Bagikan apa yang sekiranya pantas utuk kita bagikan kepada publik, dan jangan membagikan apa yang dirasa kurang pantas untuk dibagikan. Tidak semua hal pantas untuk diberitahukan kepada orang lain.

Kita tahu bahwa internet itu luas, dan pengguna internet itu bermacam - macam, mungkin sebagian netizen menyukai hal yang sama dan sebagiannya lagi justru sebaliknya. hargailah perbedaan itu. "Internet yang sehat tergantung dari penggunanya".

Ikuti kami di Facebook dengan like halaman Blog Edukasi untuk mendapatkan informasi artikel terbaru.

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan catatan :

1). Berkomentarlah yang baik dan sopan
2). Jangan mengandung spam
3). Jangan menyertakan link
4). Tidak menyebarkan iklan apapun

"Ucapan Anda adalah Cermin Kepribadian Anda"